Tuesday, December 11, 2018

Membuat dan Perpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Bogor dengan Booking Jadwal Via WA

Halloo,

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam proses perpanjang paspor di kantor Imigrasi Kelas I Bogor. Kantornya ini terletak di Jalan Jenderal A Yani No. 65 Bogor, sekitar kurang lebih 5 menit dari daerah Air Mancur atau dari Plaza Jambu Dua. Pelayanan di kantor Imigrasi ini buka pada hari Senin - Kamis dari Jam 08.00-16.00 WIB dan hari Jumat dari Jam 08.00-16.30 WIB. Untuk hari Sabtu dan Minggu Libur.

Pada 5 tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Maret 2013, saya membuat paspor awal di Kantor Imigrasi Bogor ini, karena memang saya dulu sedang kuliah di Bogor sehingga saya membuatnya disini. Lalu kenapa saya memperpanjang paspor di Bogor lagi?, kenapa tidak di kantor Imigrasi lain? apakah memperpanjang juga harus dilakukan di kantor asal pembuatan?. Jawabannya, karena kebetulan saat itu saya sedang ada di daerah Jakarta untuk beberapa waktu, sedangkan jadwal di beberapa kantor Imigrasi di Jakarta full semua untuk beberapa minggu kedepan, sedangkan waktu saya saat itu terbatas, dan tidak sedang tinggal lama di Jakarta. Sehingga saya memutuskan untuk memperpanjang di Bogor, karena proses booking jadwalnya juga mudah hanya dengan chat via WhatsApp dan kuota pada hari yang sesuai dengan jadwal saya inginkan pun masih tersedia, hehehee.


Sebetulnya untuk memperpanjang paspor dapat dilakukan di kantor Imigrasi daerah mana saja, tidak harus di daerah asal pembuatan awal paspor.  Hanya mungkin karena saya ditakdirkan untuk memperpanjang di Bogor saja, mungkin lagi rindu dengan kota Hujan ini, kota yang pernah menyimpan banyak kenangan selama 4 tahun saya berkuliah dan tinggal disana. :-)

Setelah saya mencari-cari informasi di Professor Google, ternyata saya menemukan info perpanjang paspor yang paling simple dan tidak harus mengantri berlama-lama menunggu booking hari sampai berminggu-minggu. Ya, tepatnya di Bogor dengan sistem booking jadwal cukup dengan via WhatsApp. Adapun tata caranya adalah dengan :

Mengirim pesan WA dengan Format =    #Nama Lengkap#Tanggal Lahir#Tanggal Perpanjangan  dikirim ke no 08111100333

Contoh :
Nama misalnya Saeful Jamil
Lahir 20 Maret 1993
Waktu ingin perpanjang misal 10 Desember 2018

maka penulisannya adalah =    #Saeful Jamil#20031993#10122018

Setelah dikirim chatnya, maka dalam beberapa detik langsung ada balasan otomatis dari pihak Imigrasi Bogor, yang menjelaskan bahwa apakah tanggal perpanjangan yang kamu inginkan itu tersedia atau sudah penuh. 
Lalu dari pihak Imigrasi pun akan menyarankan tanggal perpanjangan yang tersedia dan kuota belum penuh.
Lalu jika ada waktu yang dirasa cocok dari beberapa opsi yang disarankan oleh pihak Imigrasi, maka kita tinggal menulis ulang dengan format yang sama seperti chat pertama, namun tanggal perpanjangannya diganti menyesuaikan waktu yang tersedia di kantor Imigrasi tersebut.

Contoh :
Tanggal yang tersedia menurut pihak Imigrasi Bogor adalah tanggal 11 Desember 2018 dan seterusnya.
Lalu kita misal memilih ulang yaitu tanggal 12 Desember 2018

maka kita mengirim chat kembali  yaitu    #Saeful Jamil#20031993#12122018

Lalu pihak Imigrasi akan membalas chat kita dengan mengirimkan kode persetujuan, misal tulisannya dari pihak imigasi adalah "Bila anda yakin dengan data dan jadwal tersebut, silakan balas/reply pesan ini dengan mengirim kode persetujuan berikut : 09866691.

maka kita segera balas chat tersebut dengan menulis kode persetujuan yang telah diberikan 09866691.

Lalu pihak Imigrasi akan membalas chat kita kembali dengan mengirimkan Kode Booking dan Jadwal serta Waktu Kedatangan kita ke Kantor Imigrasi Bogor.

Catatan :
1. Pemesanan Jadwal ini bisa untuk Pembuatan Paspor Baru atau Perpanjang Paspor Lama

2. Untuk Pembuatan Paspor Baru harus membawa syarat :
     Untuk umur diatas 17 Tahun :
     a. KTP asli + Fotocopy 1 bh ukuran A4 (tidak usah dipotong biarkan utuh di kertas A4)
     b. Kartu Keluarga (KK) + Fotocopy 1 bh ukuran A4
    c. Akta kelahiran/Ijazah SD/Ijazah SMP/ Ijazah SMA/Surat Nikah (Pilih salah satu) + Fotocopy 1 bh ukuran A4

     Untuk umur dibawah 17 Tahun (belum memiliki KTP) :
    a. KTP Kedua Orang Tua + Fotocopy masing-masing 1 bh ukuran A4 (tidak usah dipotong biarkan utuh di kertas A4)
    b. Kartu Keluarga (KK) + Fotocopy 1 bh ukuran A4
    c. Akta kelahiran + Fotocopy 1 bh ukuran A4
    d. Surat Nikah Orang Tua + Fotocopy 1 bh ukuran A4
    e. Fotocopy Paspor Orang Tua 1 bh ukuran A4

3. Untuk Perpanjang Paspor Lama harus membawa syarat :
     a. KTP asli + Fotocopy 1 bh ukuran A4 (tidak usah dipotong biarkan utuh di kertas A4)
     b. Paspor Lama Asli + Fotocopy 1 bh ukuran A4

4. Harap datang minimal 30 menit lebih awal dari jadwal jam yang telah ditentukan.

5. Berpakaian berkerah, rapi, dan bersepatu (kalau bisa jangan menggunakan pakaian berwarna putih karena background saat foto di kantor Imigrasi adalah Putih)

6. Membawa uang Rp 355.000 (jika ingin membayarnya via mobil pos yang tersedia di kantor Imigrasi) untuk perpanjangan paspor lama dan pembuatan paspor baru 48 halaman (adapun biaya untuk urusan lainnya dapat di cek di web Imigrasi)

7. Membawa Materai 6000 1 bh (untuk mengisi formulir saat dilokasi)

8. Membawa pulpen (untuk mengisi formulir) dan lem (untuk menempel materai) hehhee

9. Kode Booking pada HP jangan sampai hilang, kalau bisa di screenshot (karena akan ditunjukkan saat datang ke Kantor Imigrasi)

10. Gak usah menggunakan calo, datang aja sendiri karena prosesnya mudah dan gak ribet serta cepat


Lalu saya akhirnya datang pada hari yang telah dijadwalkan, kebetulan saat itu saya mendapatkan jadwal pada tanggal 25 September 2018 jam 11.00-12.00 WIB. saya datang ke lokasi sekitar jam 10.30 WIB.
Saya masuk ke kantor Imigrasi, dan ternyata pelayanan disini sudah sangat bagus dan tertata rapi sekali, beda sekali dengan 5 tahun lalu saat saya pertama kali datang membuat paspor awal yang harus ngantri dari subuh dan gak semrawut pelayanannya.
Namun saat ini, sudah sangat bagus sekali, tak terlihat banyak antrian dan petugasnya pun sangat ramah.

Saya masuk ke kantor imigrasi, lalu mengambil 2 form isian (kalau gak salah itu form biodata dan form surat pernyataan) di loket penyerahan berkas, dan saya mengisinya serta menempelkan materai 6000 di surat pernyataan. Kemudian saya menyerahkan form tersebut+berkas seperti KTP dan lainnya sesuai persyaratan yang diminta. Lalu saya mendapat nomor antrian untuk wawancara.

Setelah mendapatkan nomor antrian wawancara, 5 menit kemudian saya dipanggil untuk wawancara, lalu foto dan sidik jari, serta saya diberikan kertas pembayaran biaya paspor sebesar Rp 355.000 dan disuruh untuk membayarnya di mobil pos yang tersedia di depan kantor Imigrasi.

Lalu saya menuju mobil pos untuk membayar biaya paspor tersebut, kemudian saya mendapatkan bukti pembayaran dari pos tersebut. Lalu saya pulang dan kembali ke Jakarta deh.
Catatan : bukti Pembayaran jangan sampai hilang karena akan digunakan untuk pengambilan paspor.

Setelah itu 3 hari kemdian, tepatnya tanggal 28 September 2018, saya datang kembali ke kanor Imigrasi Bogor untuk mengambil paspor. Saya datang ke loket pengambila paspor sambil menyerahkan bukti pembayaran paspor dari mobil pos kemarin, lalu setelah itu paspor saya ambil.

Catatan:
1. Proses pengisian form, interview, foto, sidik jari serta pembayaran biaya paspor kurang lebih waktu saya memakan waktu 30 menit.
2. Proses pengambilan paspor 3 hari kerja, misal membuat hari senin, maka 3 hari kemudian sudah bisa diambil yaitu pada hari Kamis.
3. Pengambilan paspor alangkah baiknya diambil pada jam setelah istirahat siang yaitu sekitar jam 13.00 s/d 15.00 agar tidak banyak mengantri.


Mobil Pos yang ada di depan Kantor Imigrasi Bogor
Sumber Gambar : http://bogor.imigrasi.go.id


Overall, pelayanan pembuatan paspor di bogor cukup baik dan cepat. 





No comments: