Friday, December 21, 2018

Pengetesan Prime Coat dan Tack Coat Beserta Contoh Perhitungannya


Hai Salam Semangat !.

Kali ini saya akan membahas lanjutan dari materi Prime Coat dan Tack Coat, pembahasan ini adalah mengenai cara-cara pengetesan untuk menentukan jumlah Prime Coat dan Tack Coat yang dipakai, tulisan ini mengacu pada Dokumen Spesifikasi Umum 2010 (Revisi 2), Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga. Seperti terlihat pada gambar 1. Saya ilustrasikan bentuk area jalan yang akan di semprotkan Prime Coat / Tack Coat.


Gambar 1. Ukuran dan Jarak Pemasangan Kertas Uji untuk Mengukur Kadar Tack Coat dan Prime Coat
Sumber : dibuat oleh sendiri

      Dari gambar 1, bahwa posisi penempatan kertas uji untuk pengukuran kadar Tack Coat dan Prime Coat idealnya adalah seperti gambar tersebut. Yang dimana jumlah kertas pengujian pada satu titik melintang adalah sebanyak 3 buah dengan jarak antar kertas uji adalah sama. Yang dimana penempatan kertas uji tidak boleh kurang dari 0.5 m’ dari tepi jalan (kiri-kanan) dan tidak boleh kurang dari 0.1 m’ dari titik start (awal) dan finish (akhir). Untuk posisi memanjang, jumlah kertas uji harus ada sebanyak minimum 5 baris. Sehingga pada setiap pengujian untuk setiap penyemprotan Prime Coat / Tack Coat terdapat 15 buah kertas uji. Hal ini didasarkan apabila banyaknya sampel uji akan semakin mewakili nilai rata-rata yang semakin akurat untuk kadar Prime Coat / Tack Coat yang disemprotkan.
Adapun ketentuan-ketentuan dalam takaran penyemprotan lapisan Prime Coat dan Tack Coat ini adalah sebagai berikut :
                      
Tabel 1. Takaran Pemakaian Prime Coat dan Tack Coat (Sumber Spesifikasi Umum 2010 )


Adapun penentuan kadar Prime Coat ataupun Tack Coat yang akan disemprotkan di lapangan tergantung kadar nilai yang tercantum dalam dokumen perjanjian kontrak antara pihak pelaksana dengan owner, ataupun berdasarkan perundingan bersama antara pelaksana, pengawas, maupun owner. Dengan syarat kadar nilai yang ditentukan harus masuk atau masih berada diantara rentang kadar nilai yang tercantum seperti pada tabel 1.
Kemudian untuk cara perhitungan pengetesan kadar Prime Coat maupun Tack Coat yang disemprotkan di lapangan terlampir dan dapat dibaca serta di download disini. Saya lampirkan file nya dalam bentuk PDF dikarenakan pada perhitungan ini banyak terdapat rumus-rumus dan angka, sehingga jika di dituliskan di Blog seluruhnya, tidak memungkinkan. 
Terima kasih, dan semoga dapat bermanfaat.